Ducati Desmosedici RR (2008)
Klik gambar untuk download ukuran 1200 x 1600
Klik gambar untuk download ukuran 1200 x 1600
Ducati Desmosedici RR
Ducati resmi menyatakan Desmosedici RR telah dibuat versi jalan rayanya, tanpa mengurangi kehandalan yang dimiliki motor tersebut. Bahkan D16RR ini bukan lagi memiliki kapasitas mesin 800cc, melainkan meningkat menjadi 989cc V-Twin. Bagaikan seekor binatang liar, tenaga D16RR bisa menyalak hingga 200 horsepower pada putaran mesin 13.800rpm. Setingan ulang pada ECU dan desain baru exhaust system serta diameter cylinder, membuat motor ini memang pantas menjadi juara MotoGP.
Untuk menopang semburan tenaga sebesar itu, Ducati merancang rangka one-piece dari bahan magnesium yang ringan namun kuat. Beberapa bagian mengunakan Titanium, misalnya sepasang suspensi buatan Ohlins di depan dan belakang, juga pada saluran masuk-keluar gas buang.
Bagian roda dipilih pelek Marchesini berspek forged-magnesium yang dipadu ban Bridgstone. Penahan laju motor dipercaya produk Brembo yang memiliki desain monoblok dengan diameter rotor mencapai 330mm. Penggunaan rem ini sama persis dengan yang dipakai Casey Stoner dan Loris Capirossi.
Desain bodi juga serupa dengan versi balapnya lengkap dengan permainan warna merah dan putih khas tim Ducati. Hanya saja kali ini faktor keselamatan jalan raya seperti headlamp dan stoplamp harus dipasang. Lampu depan posisinya terletak didekat air scoop, dengan bentuk "sipit" memanjang, mirip mata burung elang. Sedangkan kaca spion di fungsikan ganda sebagai tempat meletakkan lampu sein.
Bagian belakang lebih 'bersahabat' dari Ducati tunggangan Casey. Bentuk tempat duduk pengemudi dibuat tipis namun tetap empuk dan lembut digunakan dalam waktu yang relatif lama. Selain itu tak ada lagi desan knalpot yang menjuntai hingga ke bagian bawah buritan. Gantinya seperangkat stoplamp beserta lampu sein dipasang disana.
Menurut CEO Ducati Amerika Utara Michael Lock kepada motorcycle.com, Ducati Desmosedici RR akan menjadi seri MotoGP versi jalan raya dengan jumlah penjualan terbatas. (ton)
General information
Model: Ducati Desmosedici RR
Year: 2008
Category: Sport
Rating: 69.6 out of 100.
Engine and transmission
Displacement: 989.00 ccm (60.35 cubic inches)
Engine type: V4
Stroke: 4
Power: 197.26 HP (144.0 kW)) @ 13800 RPM
Torque: 116.00 Nm (11.8 kgf-m or 85.6 ft.lbs) @ 10500 RPM
Compression: 13.5:1
Bore x stroke: 86.0 x 42.6 mm (3.4 x 1.7 inches)
Fuel system: Injection
Valves per cylinder: 4
Fuel control: Desmodromic valve control
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Transmission type
final drive: Chain
Clutch: Dry multi-plate slipper clutch, hydraulically actuated
Physical measures
Dry weight: 171.0 kg (377.0 pounds)
Seat height: 830 mm (32.7 inches) If adjustable, lowest setting.
Wheelbase: 1,430 mm (56.3 inches)
Chassis and dimensions
Frame type: Tubular steel Trellis hybrid
Rake (fork angle): 23.5°
Front suspension: Ohlins FG353P forks 43 mm pressurized, with preload, rebound and compression adjustment, TiN coated sliders
Front suspension travel: 120 mm (4.7 inches)
Rear suspension: Ohlins rear shock, with rebound, low/high speed compression adjustment, and hydraulic preload adjustment. Aluminium swingarm.
Rear suspension travel: 120 mm (4.7 inches)
Front tyre dimensions: 120/70-17
Rear tyre dimensions: 200/55-16
Front brakes: Double disc
Front brakes diameter: 330 mm (13.0 inches)
Rear brakes: Single disc
Rear brakes diameter: 240 mm (9.4 inches)
Exhaust system: ‘4 into 2 into 1’vertical exit exhaust/silencer
Speed and acceleration
Power/weight ratio: 1.1536 HP/kg
Other specifications
Fuel capacity: 15.00 litres (3.96 gallons)
Color options: Rosso GP - GP red - Black, Red with white stripe - GP Red - Black
Comments: Single seat version available.
No comments:
Post a Comment